Hari / Tanggal : Selasa, 19 Maret 2024
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 1 : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Pembelajaran : 1 dan 2
Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri, dengan menyanyikan lagu “Rotiku” siswa dapat memperagakan variasi pola irama yang berbeda pada sebuah lagu dengan benar dan percaya diri, siswa dapat memahami isi dari teks tersebut dengan tepat, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat, siswa dapat bertukar informasi mengenai isi dari teks tersebut dengan tepat.
Sebelum membaca materi hari ini yuk simak video berikut:
Lihatlah tempat tinggalku!
Udaranya sejuk, tanahnya subur.
Dikelilingi sawah dan kebun.
Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul.
Terampilnya warga tempat tinggalku.
Bekerja sama mengolah hasil alam.
Menggunakan teknologi yang telah maju.
Menghasilkan sumber pangan yang beragam.
Mari, kita pelajari macam-macam pengolahan pangan agar menjadi manfaat bagi sesama!
AYO BERNYANYI
Beni, Edo, Siti, dan Dayu berkumpul diteras rumah
Ibu Dayu menyediakan roti. Roti adalah makanan yang terbuat dari tepung.
Dayu dan teman-teman menikmati roti buatan Ibu Dayu. Dayu teringat sebuah lagu tentang roti.
Dayu menyanyikannya di depan teman-teman. Lagu tersebut berjudul “Rotiku”.
AYO MEMBACA
Luas Permukaan Suatu Bidang
Ibu Edo mengukur luas kain untuk menyaring tahu dengan menggunakan satuan tidak baku.
Edo dan teman-teman menghitung banyak tahu yang menutupi seluruh permukaan kain A dan kain B.
Banyak tahu yang menutupi permukaan kain A ada 8.
Permukaan kain B ditutupi oleh 16 tahu berbentuk persegi.
Berapakah luas dari kain A dan kain B?
Maka, luas kain A adalah 8 satuan persegi dan luas kain B adalah 16 satuan persegi.
Luas bidang A adalah 7 satuan
Luas bidang B adalah 10 satuan
Luas bidang C adalah 6 satuan
Luas bidang D adalah 7 satuan
Luas yang paling kecil adalah bidang C
Luas yang paling besar adalah bidang B
Bidang A dan D pada gambar memiliki luas yang sama.
AYO MENGAMATI
Dayu, siti, dan lani membaca buku tentang pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng. Esok harinya, dayu, siti, dan lani mengunjungi tempat pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung kerumah pak sarip. Pak sarip memiliki kolam ikan bandeng. Pak sarip juga mengolah ikan bandeng agar lebih awet. Pak sarip membuat ikan bandeng presto. Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa anak sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar