Rabu, 27 November 2024

KISI-KISI SAS (JUMAT, 29 NOVEMBER 2024)

 KISI-KISI SAS

 Hari/ Tanggal : Jumat/ 29 November 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung 
Fase/Kelas : A/1 
Mata Pelajaran SAS : Matematika dan Seni Rupa

Assalamu'alaikum wr.wb
     
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?                                                               
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..               
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk SAS hari ini? 

Sebelum memulai  jangan lupa untuk mandi terlebih dahulu, sarapan, sholat dhuha dan murajaahyaa..

Mari kita mulai SAS  hari ini dengan membaca doa sebelum belajar
“RadhitubillahiRabbaa, wabil Islami diina, wa bi Muhammadinnabiyyaawarasularobbizidnii 'ilmanwarzuqnifahma.”

1. Mata Pelajaran : Matematika

Bab 1 : Ayo Membilang 1 sampai 10

 

       

                                                         

Membandingkan Banyak Benda



Menghitung Maju & Mundur Benda


CERITA PENJUMLAHAN


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama :

Kelas :

Petunjuk!




BAB 2 : PENGURANGAN 1 SAMPAI 10






BAB 3 : Cerita Pengurangan 1 sampai 10

BAB 4 : Bangun Datar

Hari ini kita belajar Bangun datar, yukk kita simak





Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan tugas dibawah ini....



2. Mata Pelajaran : Seni Rupa

1. Seni di Sekitarku

Ada seni di sekitar kita. Perhatikanlah!

ada banyak benda baik yang ciptakan Tuhan.

Terinspirasi ciptaan Tuhan, manusia juga menciptakan benda baik.

Benda yang bernilai seni.

Benda yang bernilai guna

Seni ada di sekitarmu.

Amati, rasakan dan alami.

Selalu ada sisi yang spesial dan artistik.

       Bahkan dari benda-benda yang biasa kamu lihat sehari-hari

Permen


Dinding Batu
Lemari Buku
Lapak Penjual Buah




Pemandangan Pancawati Bogor 





Peserta didik bisa membuat kreasi dari apa yang kamu amati.

  Walaupun mengamati benda yang sama, kreasi masing-masing peserta didik pasti akan berbeda       
  dari kreasi orang lain.


Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :

1. Sebutkan ada seni apa saja yang ada di sekitarmu?

2. Gambarkan 1 seni yang ada di sekitarmu!

3. Gambarkan 3 contoh seni yang berwarna kuning!

4. Benda apa saja yang bernilai seni?

5. Benda apasaja yang bernilai guna?


2. Aneka Garis 

Garis berbentuk dari kumpulan titik yang berderet dan berhimpitan.

Ada beberapa macam garis.

Ada garis lurus.

Ada garis lengkung.

Contoh :


Garis Lurus :

Garis lurus  adalah garis yang menghubungkan dua titik pada suatu bidang dan memanjang hingga tak terhingga pada kedua arahnya.

Garis Lengkung :

Garis lengkung adalah garis dengan arah membelok 

Garis Horizontal :
Garis Horizontal adalah merupakan garis lurus yang memanjang dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri.

Garis Vertikal :
Garisvertikal adalah garis yang kita gambar dari atas ke bawah

Garis Diagonal :
Garis diagonal adalah garis yang menghubungkan dua sudut yang tidak berdekatan.

Garis Kurva :
Garis kurva adalah garis yang adalah garis bengkok. Kurva dibuat apabila terjadi penyimpangan pada suatu garis lurus.

Garis Gelombang :

Garis gelombang adalah garis yang melengkung secara bergantian ke arah yang berlawanan.

3. Garis yang Menunjukkan Gerakan

Lihatlah semua garis ini. Semua menunjukkan gerakan.

Mari gerakkan jari atau tanganmu mengikuti garisnya. 


Garis seperti apa yang kamu rasakan?

Sekarang pejamkan matamu. 


Dengarkan lagu yang diputarkan gurumu. 

Gerakkan tanganmu mengikuti irama lagu. 

Garis seperti apa yang kamu dapatkan?


Gambar Rambut Bergelombang :

adalah rambut yang memiliki pola rambut berombak, tidak lurus dan tidak keriting













Gambar Lengkung Ombak :



Gambar Asap


Gambar Gerakan Ombak


Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :

1. Apa pengertian garis yang menunjukkan gerakan?

2. Sebutkan contoh garis yang menunjukkan gerakan!

3. Gambarkan contoh garis yang menunjukkan gerakan? 

4. Garis apakah yang kamu temukan di sekitarmu?

5. Gambarkan lengkung ombak!


4. Garis Membuat Bentuk

Garis menjadi bentuk 

kita dapat membuat bentuk dari garis lurus dan garis lengkung

contoh :

a. Bangun Datar







b. Angka 

1    7  0

c.   Huruf 

I    N    C   S

Lalu peserta didik menjawab pertanyaan yang ibu guru berikan :

1. Tuliskan Huruf apa saja yang bisa membuat bentuk!

2. Gambarkan bentuk segitiga!

3. Apa yang dimaksud dengan garis menjadi bentuk?

4. Garis bisa menjadi bentuk apa saja?

5. Angka apa saja yang bisa membuat bentuk ?


PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia mengerjakan soal SAS hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?  
Alhamdulillah jika anak-anak sudah mengerjakan soal SAS  dengan perasaan yang bahagia hari ini🥰
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, 
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Komenta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar