Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Hari/Tanggal : Kamis/16 Januari 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema:4/Aku Cinta Lingkungan Sekitar
Materi Pembelajaran : Aku Cinta Lingkungan Sekitar
Capaian Pembelajaran (CP) :
Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikan sikap dan prilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerjw sama dalam keragaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran (TP) :
Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.
• Melalui menganalisa video denah rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan menuliskan bagian-bagian dari ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumahnya.
• Melalui menganalisa denah rumah, peserta didik dapat mengembangkan sikap mandiri.
• Melalui menyimak cerita tentang kondisi rumah yang bersih, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap ruangan-ruangan rumahnya dengan menjaga dan menciptakan kebersihan dan kerapian dan ketertibannya..
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..
Selamat Pagi anak shalih dan shalihah..
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:
“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma”
Aku cinta lingkungan sekitar
Mencintai lingkungan sekitar adalah sikap yang menunjukkan rasa sayang terhadap lingkungan hidup di sekitar. Sikap ini harus ditanamkan sejak dini agar menjadi kebiasaan.
Contoh prilaku yang menunjukkan mencintai lingkungan sekitar :
1. Membuang sampah pada tempatnya
2. Menanam pohon dan merawatnya dengan baik
3. Menghemat penggunaaan air
4. Menghemat penggunaan listrik
5. Tidak melakukan pembakaran
Soal latihan
Petunjuk :
1. Lihatlah gambar di bawah ini
2. Peserta didik dapat membuat cerita yang sesuai dengan gambar di bawah ini
Mata Pelajaran : P5
Hari/Tanggal : Kamis/16 Januari 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap.
Tema : Kewirausahaan
Topik : Ronceku Kreativitasku
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.
Pembelajaran P5 hari ini akan kita mulai dengan menyaksikan video pemnfaatan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk dijadikan hasil karya. Silahkan simak video berikut ya...
Video meronce menggunakan kertas origami
video meronce menggunakan sedotan atau pipet
Nah jika kalian sudah menyaksikan video di atas maka kalian faham bahwa alat dan bahan di lingkungan sekitar kita ternyata bisa kita jadikan karya yang indah dan bernilai.
Selanjutnya silahkan gambarkan alat dan bahan apa saja yang kalian ketahui yang dapat dijadikan atau dimanfaatkan untuk membuat karya yang bernilai. Silahkan gambarkan ke kertas yang telah disiapkan oleh gurumu.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telahmengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anaknyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari inidengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersamakeluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri.
Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar. Kelas 1 A belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila tentang “Aku Cint Lingkungan sekitar” dan P5 tentang jenis2 meronce. Kelas 1A mengerti dengan baik. Kelas 1A terdapat 1 siswa yang belum terlalu paham tentang “jenis-jenis meronce” dan siswa lainnya sudah paham dan memperlajarinya dengan baik.
Semoga ilmu yang ibu guru berikan dapat bermanfaaat untuk anak sholeh & sholeha.
Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar