Hari/Tanggal : Jumat, 7 Februari 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema:4/Aku Cinta Lingkungan Sekitar
Materi Pembelajaran : Aku Cinta Lingkungan Sekitar
Capaian Pembelajaran (CP) :
Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikan sikap dan prilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerjw sama dalam keragaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran (TP) :
Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.
• Melalui menganalisa video denah rumah, peserta didik dapat menyebutkan dan menuliskan bagian-bagian dari ruangan rumahnya serta cara membersihkan rumahnya.
• Melalui menganalisa denah rumah, peserta didik dapat mengembangkan sikap mandiri.
• Melalui menyimak cerita tentang kondisi rumah yang bersih, peserta didik dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap ruangan-ruangan rumahnya dengan menjaga dan menciptakan kebersihan dan kerapian dan ketertibannya..
Assalamu'alaikum wr.wb
Tabik Pun..Selamat Pagi anak shalih dan shalihah. Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini? Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu: “Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma”
Aku cinta lingkungan sekitar
Mencintai lingkungan sekitar adalah sikap yang menunjukkan rasa sayang terhadap lingkungan hidup di sekitar. Sikap ini harus ditanamkan sejak dini agar menjadi kebiasaan.
Contoh prilaku yang menunjukkan mencintai lingkungan sekitar :
1. Membuang sampah pada tempatnya
2. Menanam pohon dan merawatnya dengan baik
3. Menghemat penggunaaan air
4. Menghemat penggunaan listrik
5. Tidak melakukan pembakaran
Soal latihan
Petunjuk :
1. Lihatlah gambar di bawah ini
2. Peserta didik dapat membuat cerita yang sesuai dengan gambar di bawah ini

HARI/TANGGAL : KAMIS, 6 Februari 2025
KELAS : I (SATU)
SEMESTER : II (DUA)
MATERI : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)
.jpg)
Assalaamualaikum Wr Wb
Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat.
Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024.
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa.
Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap.
Tema : Kewirausahaan
Topik : Ronceku Kreativitasku
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 dengan melaksanakan AKSI 1 yaitu meronce menggunakan Kertas Origami dan Pipet (sedotan).
Meronce menggunakan alat2 sebagai berikut:
1. Kertas origami
2. Benang
3. Gunting
4. Lem
5. Pipet / Sedotan
Meronce dari bahan bekas. Bahan-bahan yang dapat digunakan seperti serutan kayu, gelas plastik, dan lainnya.
.jpeg)


Simak video berikut ini : https://youtu.be/XJp9kVZ_mHo?si=
Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya.
Terimakasih
Wassalaamualaikum Wr Wb
KELAS : I (SATU)
SEMESTER : II (DUA)
MATERI : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU)
.jpg)
Assalaamualaikum Wr Wb
Selamat pagi anak sholeh sholehah Ibu guru, apa kabarnya? semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat.
Hari ini kita kembali memulai pembelajaran di awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024.
Sebelum memulai pembelajaran silahkan persipakan dirimu dahulu dengan membaca doa.
Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap.
Tema : Kewirausahaan
Topik : Ronceku Kreativitasku
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.
Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 dengan melaksanakan AKSI 1 yaitu meronce menggunakan Kertas Origami dan Pipet (sedotan).
Meronce menggunakan alat2 sebagai berikut:
1. Kertas origami
2. Benang
3. Gunting
4. Lem
5. Pipet / Sedotan
Meronce dari bahan bekas. Bahan-bahan yang dapat digunakan seperti serutan kayu, gelas plastik, dan lainnya.
.jpeg)


Simak video berikut ini : https://youtu.be/XJp9kVZ_mHo?si=
Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya.
Terimakasih
Wassalaamualaikum Wr Wb
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar, namun 1 peserta didik belum bisa menyelesaikan soal dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar