Senin, 10 Februari 2025

Materi Ajar (Selasa, 11 Februari 2025)

 Hari/Tanggal : Selasa/11 Februari 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1BAB/Tema:6/Berbeda Itu Tak Apa
Materi Pembelajaran : Menghargai Perbedaan
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab



Capaian Pembelajaran (CP):
· Menyimak

1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.

2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu

memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

· Membaca dan Memirsa

1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.

2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.

3. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.

4. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru an/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.



· Berbicara dan Mempresentasikan

1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.

3. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi.

4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

· Menulis

1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.

2. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

3. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.

Tujuan Pembelajaran (TP) :

· Menyimak

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang sikap baik kepada teman, peserta didik dapat mengenali tanda titik pada akhir kalimat serta membaca dan menulis kata-kata yang diawali dengan huruf ‘g’.

· Membaca:

Mengenali dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata dan kata yang sering ditemui.

· Menulis:

Menuliskan suku kata sederhana pada kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:



“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma”


Menyimak






Menulis









Mata Pelajaran : Matematika

Hari/Tanggal : Selasa, 11 Februari 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema:6/Penjumlahan dan Pengurangan sampai dengan 20

Materi Pembelajaran : Mengenal Konsep Lebih dari, Kurang dari, dan Selisih



Capaian Pembelajaran (CP) :


Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Tujuan Pembelajaran (TP):

Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20

Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah 2 angka


Dari banyak donat Ibu yang dipasangkan satu per satu dengan donat

Tika, terlihat bahwa

a. donat Ibu lebih banyak dari donat Tika;

b. donat Ibu 1 lebihnya dari donat Tika.


Tika, terlihat bahwa donat Tika lebih sedikit dari donat Ibu;






PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telahmengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anaknyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari inidengan perasaan yang bahagia.



Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersamakeluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri.

Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb

Kesimpulan Materi Ajar Bahasa Indonesia dan Matematika


Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar. Kelas 1 A mempelajari Bahasa Indonesia tentang mencuci menyimak teks bacaan dan mempelajari suku kata yang berawalan dari M& kelas 1A mempelajari mata pelajaran matematika tentang penjumlahan 11 sampai 20, kelas 1A yang belum memahami matematika pengurangan 11 sampai 20 yaitu 1 orang siswa , alhamdulillah peseta didik lainnya dapat mengikutinya dengan sangat baik


Semoga ilmu yang ibu guru berikan dapat bermanfaaat untuk anak sholeh & sholeha. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar