Minggu, 20 Juli 2025

Materi Ajar (Senin, 21 Juli 2025)

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Senin/21 Juli 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Bunyi Apa/Bunyi dan Pancaindra
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis


Capaian Pembelajaran (CP) :
Menyimak


Murid mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Membaca dan Memirsa

Murid mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih.


Murid mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.




Berbicara dan Mempresentasikan

Murid mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Menulis

Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.


Murid mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):




Mengenal cara membaca awal (membaca huruf demi huruf, kata demi kata, dengan lafal dan intonasi sederhana).


Menceritakan kembali bagaimana cara membaca permulaan yang baik menurut pemahamannya.


Mengetahui dan menyebutkan sikap menyimak yang baik, misalnya: duduk tenang, mata mengarah pada guru, tidak berbicara saat mendengarkan.


Menyimak cerita yang dibacakan atau diperdengarkan guru, baik secara lisan maupun audiovisual.


Menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita.


Menyimak cerita yang melibatkan gerakan fisik (misalnya: tokoh melompat, berjalan, tidur).


Menirukan gerakan dalam cerita sesuai instruksi atau kreativitas sendiri.


Tujuan Pembelajaran (TP) :


Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, Murid dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri.





Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”




Simak Ibu Guru membaca cerita di bawah ini :



SIAP-SIAP BELAJAR

Diskusikan gambar sampul di atas dengan menjawab

pertanyaan-pertanyaan ini.

1. Pernahkah kalian mendengar suara “Duk! Duk!”?

2. Biasanya, apa yang berbunyi “Duk! Duk!”?

3. Apa yang kalian lihat pada gambar di atas?

4. Menurut kalian, apa isi ceritanya?














Dengarkan guru membacakan pertanyaan nomor
1 - 5. Lalu, jawablah.


SOAL :


1. Apa warna bola Boni?
2. Di mana Boni mengejar bolanya?
3. Di mana bola Boni jatuh?
4. Siapa yang bermain dengan bola Boni?
5. Ceritakan kembali, mengapa Boni kehilangan bolanya.






Mata Pelajaran : Matematika

Hari/Tanggal : Senin/21 Juli 2025

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema : Ayo Membilang sampai dengan 10/ Menghitung , Membaca, dan Menulis bilangan.

Materi Pembelajaran : Membilang Sampai Dengan 10





Capaian Pembelajaran (CP) :



Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.


Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat)
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) :




Mengenal bilangan 1 sampai dengan 10 menggunakan kumpulan benda konkret.


Menunjukkan simbol bilangan yang sesuai dengan jumlah benda yang dihitung.

Tujuan Pembelajaran (TP) :Peserta didik dapat mengenal bilangan sampai dengan 10.


Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun.

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”






Tidak ada komentar:

Posting Komentar