Rabu, 08 November 2023

Materi Ajar Kelas 3 Tema 4 Sub 3 Pb.5

Hari / Tanggal : Kamis, 9 November 2023
Tema 4 : Kewajiban dan Hakku
Subtema 3 : Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga
Pembelajaran : 5



PENDAHULUAN (15 MENIT)

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak shaleh dan shalehah, sebelum memulai belajar hari ini, masih ingatkah yang kita pelajari di pertemuan sebelumnya?

Iyaps di pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang kewajiban dan hak di sekolah serta mmengkreasikan bilangan cacahan ratusan dalam perkalian

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah siswa dapat membuat kalimat saran sederhana berkaitan dengan suatu kasus serta dapat membedakan kewajiban dan hak bertetangga


AYO MEMBACA


Simaklah teks berikut inĂ­!


Apakah Kamu Memiliki Hewan Peliharaan?

Ibu Siti sedang membersihkan teras depan rumahnya. Lantai tampak kotor dan berbau tidak sedap. Ada kotoran ayam di lantai. Sejak pagi sudah tiga kali ibu membersihkan teras. Keluarga Siti tidak memelihara ayam. Ayam tetangga sering masuk ke rumah Siti. Ayam itu juga masuk ke rumah yang lain.



Jika kita memiliki hewan peliharaan, kita wajib

menjaganya dengan baik. Hewan peliharaan dijaga dengan baik agar tidak mengganggu lingkungan.

Apabila kita memiliki hewan peliharaan, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama, jangan membiarkan hewan peliharaan berkeliaran bebas di lingkungan. Kedua, memberi makan dan minum yang cukup dengan teratur. Ketiga, menyediakan kandang untuk tempat hewan peliharaan. Keempat, membersihkan hewan peliharaan dan kandangnya secara teratur. Hewan peliharaan yang dijaga dengan baik, membuat lingkungan menjadi nyaman.






Ayo Berlatih

Dayu memiliki banyak kelinci. Dayu tidak ingin kelincinya berkeliaran dan mengganggu tetangga.

Dayu ingin membuat kandang untuk kelincinya.

Dayu membutuhkan banyak bambu. Ayah Dayu memiliki 900 batang bambu. Berapa kira-kira kandang yang dapat dibuat Ayah Dayu. Berapa batang bambu yang dibutuhkan Ayah Dayu untuk satu kandangnya?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar