Selasa, 06 Mei 2025

Materi Ajar (Kamis, 8 Mei 2025)

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila 
Hari/Tanggal : Kamis/08 Mei 2025
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema:5/ Aku Suka Begotong-royong
Materi Pembelajaran : Aku Suka Bergotong-royong



Capaian Pembelajaran (CP) :

Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikan sikap dan prilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keragaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran (TP) :
Melalui kegiatan mengidentifikasi denah lingkungan tempat tinggal, peserta didik dapat menunjukkan sikap bersyukur terhadap anugera Tuhan YME.
• Menunjukkan sikap menerima dan berempati terhadap konsisi orang lain.
• Membandingkan pekerjaaan rumah yang dilaksanakan sendiri dan bersama-sama.




Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun..Selamat Pagi anak shalih dan shalihah..Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahuwata'ala ya sayang.. Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebihdahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqnifahma”

BAB 5
Aku Suka Bergotong-royong


Gotong-royong di Keluargaku


Namaku Ayu.

Aku tinggal dengan ayah dan ibu.

Rumahku selalu bersih dan rapi.

Kami menjaga bersama-sama menjaga kebersihan.

Kebersihan rumah tanggung jawab bersama.








Kami bergotong royong membersihkan rumah.

Ibu menyiram bunga.

Ayah memotong dahan dan ranting.

Aku mencabut rumput.

Adik membuang sampah.

Kami melakukannya bersama-sama.

Pekerjaan menjadi ringan.

Pekerjaan juga cepat selesai.




Gotong royong adalah melakukan pekerjaan bersama-sama.

Gotong royong berarti hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.

Dengan gotong royong pekerjaan sulit menjadi mudah.

Pekerjaan berat menjadi ringan.




Tugas!

Jawablah pertanyaan berikut ini :

1. Dari gambar di atas siapakah yang bertugas menyiram bunga?

2. Bergotong royong membuat pekerjaan menjadi?

3. Siapa yang bertugas mencabut rumput ketika bergotong royong?

4. Ayah memotong dahan dan ranting menggunakan apa?

5. Kebersihan rumah adalah tanggung jawab siapa?

Silahkan mengerjakan tugas pendidikan pancasila ya anak sholih sholiha, dikerjakan di buku tulis pendidikan pancasila, memakai tegak beesambung dan di kumpulkan ketika masuk sekolah

HARI/TANGGAL : Kamis, 08 Mei 2025

KELAS : I (SATU)

SEMESTER : II (DUA)

MATERI : P5 (RONCEKU KREATIVIRASKU
)


Hari ini kita akan melaksanakan pembelajaran P5 dengan Tema Kewirausahaan, Topik Ronceku Kreativitasku. Berikut uraian pembelajaran secara lengkap.


Tema : Kewirausahaan
Topik : Ronceku Kreativitasku
Tujuan : Dengan mengangkat tema “kewirausahaan” dan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini ditujukan untuk melatih peserta didik melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi perkembangan motoriknya dengan cara meronce memanfaatkan alat dan bahan di sekitarnya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual.




Target Pencapaian Projek Profil: Melalui pengalaman pengelolaan projek profil ini, selain memahami tema “Kewirausahaan” dan mengadopsinya sebagai gaya hidup sehari-hari, peserta didik diharapkan telah mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu kreatif, mandiri, dan bernalar kritis.


Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran P5 yaitu Aksi ke 2 meronce menggunakan bahan buatan manusia salah satu contohnya yaitu manik manik


🌈 Meronce dari bahan buatan. Bahan buatan yang dapat digunakan bisa berasal dari produk hasil buatan manusia seperti monte, manik-manik, pita sintesis, kertas berwarna, sedotan, rantai plastik, dan masih banyak lagi.


Hari ini kita akan melakukan kegiatan aksi membuat suatu karya meronce yaitu cincin, gelang, kalung dan gantungan. Oleh karena itu peserta diharapkan dapan menyiapkan bahan2 di bawah ini:


Meronce menggunakan alat2 sebagai berikut:


1. Manik2
2. Benang
3. Gunting









Simak video berikut ini tentang meronce membuat tasbih dari manik-manik :
https://youtu.be/Rg0-o9_JbR0?si=IG3X7aXDOUhIlN8R


Berikutnya tahapan dalam meronce.
1. Meronce berdasarkan warna
2. Meronce berdasarkan bentuk
3. Meronce berdasarkan warna dan bentuk
4. Meronce berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran


Penutup :


Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu dilimpahi ilmu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan sholat lima waktu. Sampai jumpa pada pembelajaran selanjutnya.


Terimakasih
Wassalaamualaikum Wr Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar