MATERI PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Senin, 21 Februari 2022
Tema 6 : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri
Subtema 4 : Bekerja
Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
Pembelajaran : 1 dan 2
Assalamualaikum Wr. Wb.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan.
Ayo Membaca
Teks 1
Bekerja Sama Menjaga Lingkungan Siti adalah tetanggaku.
Siti menanam banyak pohon di rumahnya.
Siti menyapu lingkungan rumahnya setiap hari.
Siti selalu membersihkan saluran air di depan rumahnya.
Di halaman rumah tidak ada air tergenang.
Sampah tersimpan di tempatnya dengan rapi.
Keluarga Siti tetangga yang baik.
Kami membersihkan saluran air bersama.
Kami menyiram tanaman bersama.
Kami bekerja sama menjaga lingkungan.
Aku bersyukur bertetangga dengan Siti.
Teks 2
Bacalah percakapan berikut.
Ayah : Dari mana, Beni?
Beni : Dari rumah Edo, ayah.
Edo memelihara banyak ayam di rumahnya.
Ayah : Kita boleh memelihara hewan.
Hewan peliharaan tidak boleh mengganggu tetangga. Kita harus menjaga lingkungan bersama-sama.
Beni : Edo memiliki kandang besar. Kandang dibersihkan setiap hari.
Ayah : Hewan adalah makhluk Tuhan. Kita wajib merawatnya.
Cucilah tanganmu. Di meja ada pisang rebus.
Beni : Terima kasih, ayah.
Ayah : Jangan lupa cuci tanganmu sesudah makan.
Beni : Baik ayah.
Naahh.. setelah anak-anak membaca 2 teks di atas. Apa yang anak-anak dapat simpulkan? Apakah anak-anak sudah lancar dalam membacanya?
Alhamdulillah…
Bagi yang belum lancar dalam membaca, yuukk tetap semangat berlatih membaca ya sayang ^,^
Ayo Mengamati
Siti selalu menjalankan aturan di lingkungan rumah.
Amati gambar aturan menjaga lingkungan berikut ini.
Beri tanda √ jika menunjukkan aturan.
Beri tanda × jika tidak menunjukkan aturan.
Udara terasa sejuk.
Beni berkunjung ke rumah Edo.
Edo memiliki banyak ayam.
Lingkungan sekitar rumah Edo bersih.
Keluarga Edo selalu menjaga kebersihan.
Mereka memiliki kandang ayam yang besar.
Ayam-ayam itu tidak mengganggu tetangga Edo.
Beni dan Edo mengamati gerakan ayam.
Ada yang berjalan, berlari, dan meloncat.
Saat meloncat, ayam bertolak, melayang, dan mendarat.
Tuliskan gerakan ayam di bawah gambar.
Naahh.. dari bulu-bulu ayam tersebut, ternyata kita bisa membuat kreasi loh anak-anak..
Mau tau bagaimana caranya?
Yuukk simak, penjelasan dan video di bawah ini yaa… ^,^
Ayo Berkreasi
Dayu menghias pensil dengan bulu ayam.
Dayu bekerja sama dengan teman-temannya.
Amati langkah-langkah berikut.
1. Siapkan bulu ayam, pensil, lem, kain planel/pita, dan gunting.
2. Berikan lem di sekeliling pensil bagian atas.
3. Tempelkan bulu ayam pada bagian yang sudah diberi lem.
4. Tempelkan planel atau pita agar rapi.
5. Dengan demikian pensil sudah dihias.
Bagaimana, apakah anak-anak sudah memahami langkah-langkahnya?
Jika belum, bisa simak video proses pembuatannya di link beriikut ya sayang.. ^,^
Tugas
Silahkan anak-anak dibantu ayah/bunda di rumah untuk membuat kreasi “Menghias Pensil” menggunakan bulu ayam dari kemoceng yang ada di rumah.
Kemudian, kirimkan hasil kreasi kalian paling lambat, esok hari Selasa/22 Februari 2022.
MATERI AJAR BAHASA LAMPUNG
KELAS : I
MAPEL : BAHASA LAMPUNG
Pertemuan Ke : 7
Materi : Anak Huruf Aksara Lampung
Hari/tanggal : Senin, 21 Februari 2022
Setelah tadi kita belajar Tematik, kita lanjutkan dengan belajar bahasa Lampung ya…
Kita harus bangga dong sebagai warga provinsi Lampung yang memiliki Bahasa Daerah beserta aksaranya.
Nah, untuk melestarikan budaya dan bahasa Provinsi kita, yuk kita lanjutkan belajar Aksara Lampung.
Mengenal Anak Huruf Aksara Lampung
Wah semakin ke sini, semakin banyak nih anak huruf yang kita pelajari.
Sampai selesai nanti akan ada 11 nak huruf yaa...
Dari pertemuan pertama sampai pertemuan kelima kemarin kita sudah belajar 7 anak huruf yaitu anak huruf ulan i, bitan u, bitan o, ulan e, bicek è, datas n dan tekelubang ng.
Hari ini, kita akan melanjutkan anak huruf yang selanjutnya yaa...
Anak huruf apakah itu?
Yuukk kita baca materi di bawah ya!
Anak huruf rejunjung (r) berbentuk seperti induk huruf ha dan letaknya berada di atas induk huruf.
Seperti apa contoh penggunaannya?
CONTOH
Yuukk materi di atas disalin di buku, agar kalian hafal dengan yang sudah dipelajari.
TUGAS
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook
Selamat mengerjakan!
Jangan lupa ucapkan
terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah
hari ini! Mari, kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca
doa sesudah belajar. Terima kasih.. Sampai jumpa besok yaa sholih shaliha.
Wassalamualaikum Wr.
Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar