Materi Ajar Kelas 3 Tema 8 Sub 3 Pb. 6


Hari / Tanggal : Rabu, 22 Mei 2024
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 3 : Aku Suka Bertualang
Pembelajaran : 6

Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa.Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengidentifikasi data terkait peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar, siswa dapat mengumpulkan data dan mengelompokkannya menurut kategori tertentu dengan benar.

AYO MEMBACA





Nenek mengucapkan terimakasih karena telah dibantu. Nenek juga memberikan sebungkus makanan tradisional. Makanan tradisional itu empek-empek. Empek-empek berasal dari kampung halaman nenek. Masih ada banyak contoh makanan tradisional lainnya. Contoh kue tradisional lainnya adalah onde-onde, kelepon, dodol, serabi, dan kue lapis.





Berbagai jenis makanan tradisional merupakan kekayaan indonesia. Rumah adat dan suku juga kekayaan indonesia. Begitupun pakaian adat dan agama yang sangat beragam di indonesia lambang kekayaan dan kekuatan, kita harus hidup rukun untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Apakah kamu dan teman-temanmu suka kue tradisional?
Perhatikan diagram makanan tradisional yang disukai anak-anak.
Kue tradisional yang disukai oleh 50 orang






TUGAS HARI INI :
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan diagram tersebut!
1. Berapa banyak anak yang menyukai serabi?
Jawab:

2. Berapa banyak anak yang menyukai kelepon?
Jawab:

3. Apa nama kue yang paling banyak disukai?
Jawab:

4. Apa nama kue yang paling sedikit disukai?
Jawab:

5. Berapa banyak perbedaan antara yang menyukai kue lapis dan kue onde-onde?
Jawab:

Kerjakan latihan di buku ya



Materi Ajar Kelas 3 Tema 8 Sub 3 Pb. 5



Hari / Tanggal : Rabu, 22 Mei 2024
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 3 : Aku Suka Bertualang
Pembelajaran : 5


Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat mengklasifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar, Setelah membaca teks, siswa dapat menuliskan makna lambang/simbol lalu lintas dengan benar.

Ayo Membaca

Kalian sudah tahu berbagai rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas bermanfaat untuk mengatur lalu lintas. Rambu lalu lintas membantu perjalanan menjadi aman dan lancar. Rambu petunjuk ada dua macam. Selain petunjuk arah, ada juga rambu petunjuk tempat. Berikut ini contoh gambar rambu-rambu petunjuk tempat.






Tugas Hari

Perhatikan papan petunjuk berikut ini!



Siti beragama Islam.

Dayu beragama Hindu.

Lani beragama Budha.

Mereka sedang menuju rumah ibadah masing-masing.

Manakah arah yang harus mereka lalui?

1. Siti harus berjalan ke arah: ...............

2. Dayu harus berjalan ke arah:..................

3. Lani harus berjalan ke arah: ..............



Materi Ajar Kelas 3 Tema 8 Sub 3 Pb. 4


Hari / Tanggal : Rabu, 22 Mei 2024

Tema 8 : Praja Muda Karana

Subtema 3 : Aku Suka Bertualang

Pembelajaran : 4




Assalaamualaikum, Wr.Wb

Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajarhari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa.Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!



Tujuan pembelajaran hari ini setelah membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang keragaman dengan benar, Setelah mengamati, siswa dapat mengklasifikasi jenis lambang lalu lintas dengan benar.



Kekayaan Indonesia









Indonesia dianugerahi perairan yang luas, Pemandangan bawah laut indonesia sangatlah indah, Indonesia memiliki kekayaan laut yang paling beragam di dunia. Perairan menjadi sumber mata pencaharian bagi penduduk di pantai. Ikannya yang melimpah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ikan dapat menjadi sumber makanan bergizi.

Keindahan laut juga dapat menjadi tempat wisata yang menarik. Laut dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk beristirahat. Laut juga dapat menjadi mata pencaharian bagi pengelola wisata. Kebiasaan masyarakat didekat laut berbeda dengan masyarakat di pegunungan. Penduduk di indonesia sangat beragam wilayah tempat tinggalnya.

Keragaman wilayah tempat tinggal membuat beragam pula kebiasaan masyarakatnya. Hal ini menyebabkan beragam rumah adat yang ada di indonesia. Hal ini pula yang menyebabkan beragam pakaian adat di indonesia. Perbedaan ini membuat indonesia menjadi semakin kaya. Walaupun berbeda kebiasaan, masyarakat indonesia tetap hidup rukun dan damai.

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai bacaan!

1. Keragaman apa saja yang dapat kamu temukan dalam bacaan tersebut?

Jawab: Keragaman jenis kekayaan laut, Keragaman kebiasaan penduduk, keragaman (kondisi) wilayah tempat tinggal, keragaman rumah adat, dan keragaman pakaian adat.

2. Sikap manakah yang sesuai dengan semboyan negara Indonesia?

Jawab: menghargai pendapat orang lain, menolong jika ada yang membutuhkan tanpa pamrih, dan menghargai dan menghormati suku lain.

3. Apa semboyan negara Indonesia?

Jawab: Bhinneka Tunggal Ika



Rambu lalu lintas terdiri dari beberapa jenis, Di antara jenis-jenis rambu sebagai berikut:








Hari / Tanggal : Selasa, 21 Mei 2024
Tema 8 : Praja Muda Karana
Subtema 3 : Aku Suka Bertualang
Pembelajaran : 2 dan 3


Assalaamualaikum, Wr.Wb
Selamat pagi anak sholih/sholihah semangat ya belajar hari ini, tapi sebelum belajar jangan lupa mandi, sarapan yang bergizi, sholat dhuha serta murojaah yaa. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Tujuan pembelajaran hari ini siswa dapat menjelaskan “Bhinneka Tunggal Ika” pada lambang negara “Garuda Pacasila” dengan benar, dapat mengklasifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan, dapat mengklasifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.


Mengenal Budaya Indonesia







Indonesia negara yang kaya akan budaya. Ada berbagai macam suku dan agama di indonesia. Masyarakat memiliki kebiasaan dan budaya yang sangat beragam. Bertualang untuk mengenal budaya indonesia merupakan tanda cinta tanah air. Bertualang untuk mengenal keindahaupakan kegiatan menyenangkan.

Keragaman budaya dipengaruhi oleh letak wilayah indonesia. Indonesia negeri yang sangat luas dan kaya. Indonesia yang luas terdiri atas lautan dan daratan. Indonesia juga memiliki pantai dan pegunungan yang sangat indah. Kebiasaan masyarakat di pegunungan berbeda dengan masyarakat di pesisir pantai.

Meskipun berbeda-beda bangsa indonesia tetap hidup rukun. Semua bekerja sama menjaga indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika.





Semboyan tersebut terdapat pada lambang negara Garuda Pancasila. Semboyan tersebut tertulis pada pita yang dicengkram burung garuda. Keberagaman harus disyukuri sebagai rahmat dari tuhan. Menerima dan menghormati perbedaan termasuk sikap yang disukai tuhan.





Sikap udin dan kawan-kawan sesuai dengan semboyan negara indonesia. Semboyan negara indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika. Bhineka artinya berbeda-beda. Tunggal artinya satu. Ika artinya juga. Bhineka Tunggal Ika berarti, meskipun berbeda-beda tetapi satu juga, meskipun memiliki banyak suku bangsa dan agama, tetapi semua tetap satu, indonesia.

Ayo Berlatih
Berilah tanda centang (√) untuk contoh sikap menghormati perbedaan.
Berilah tanda silang (x) untuk contoh sikap tidak menghormati perbedaan.


NO

SIKAP

TANDA

1

Bermain dengan semua teman

2

Menolak pendapat orang lain

x

3

Memanggil teman dengan sebutan yang tidak baik

x

4

Memberi kesempatan teman untuk beribadah

5

Tidak memaksa teman yang takut bermain sepeda



Ayah dan ibu siti berasal dari Sumatera Barat. Kampung halaman orang tua siti berada di daerah pegunungan yang asri. Udara pegunungan sangat sejuk dan pemandangannya indah. Ada sungai, sawah, dan air terjun. Jalan di pegunungan berkelok-kelok dan menanjak. Pengemudi harus berhati-hati saat melintas jalan dipegunungan. Apalagi saat hujan turun, jalannya menjadi lebih licin. Rambu lalu lintas dipasang untuk menjaga keamanan pengendara.


Ayo Berlatih
Pasangkan simbol rambu-rambu lalu lintas berikut dengan artinya!




Bersepeda Bersama Teman


Hari ini udin dan teman-teman bermain di lingkungan sekitar rumah. Mereka ingin berkeliling menggunakan sepeda. tidak semua teman udin ikut bermain menggunakan sepeda, teman udin ada yang belum dapat mengendarai sepeda.

Udin dan teman-teman melewati jalan raya. Mereka melihat rambu-rambu lalu lintas. Udin dan teman-teman menaati peraturan lalu lintas. Lampu lalu lintas merupakan salah satu rambu lalu lintas, lampu lalu lintas terdiri atas 3 warna, yaitu merah, kuning, dan hijau.

Lampu hijau menyala, berarti kendaraan boleh melaju. Lampu kuning menyala, berarti kendaraan harus bersiap-siap melaju atau berhenti. Lampu merah menyala, berarti kendaraan harus berhenti.

Udin dan teman-teman mentaati peraturan lalu lintas. Petualangan dengan bersepeda membuat udin dan teman-teman senang. Mereka juga menjadi lebih paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.


TUGAS HARI INI

Jawablah pertanyaan berikut sesuai bacaan sebelumnya, Hal. 129-130!

1. Apa kendaraan yang digunakan udin dan teman-teman?
2. Mengapa teman udin ada yang tidak ikut bermain?
3. Apa saja warna yang ada pada lampu lalu lintas?
4. Tuliskan arti setiap warna yang ada pada lampu lalu lintas?


Jangan lupa tugasnya kirimkan ke WA ibu guru yaa.

Bagaimana pembelajaran hari ini apakah menyenangkan? Jika ada yang kurang paham bisa langsung ditanayakan ke ibu guru yaa.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Materi Ajar Kelas 3 Tema 8 Sub 3 Pb. 6"

Posting Komentar

Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver