Minggu, 04 Agustus 2024

Materi Ajar Bahasa Indonesia dan Matematika (Senin, 05 Agustus 2024)

Bahasa Indonesia


Hari/Tanggal : Senin/05 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : Bunyi Apa/Bunyi dan Pancaindra
Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan Menulis
 
Capaian Pembelajaran (CP) : 

Menyimak : 
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan. 

Membaca dan Menyimak :
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): 

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang bunyi dan pancaindra secara lisan, peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf ‘b’, menulis huruf ‘B’ dan ‘b,’ serta menulis namanya sendiri

Tujuan Pembelajaran (TP) :

Menyimak :

Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan dan menjawab pertanyaan yang berkaitan, peserta  didik  dapat  menemukan,  menyimpulkan  informasi, serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.

Membaca dan Mengamati :

    Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-hati!” yang dibacakan, peserta didik dapat     menyimpulkan informasi serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.


Berbicara
Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang dibacakan guru
berikut ini.
1. Bunyi apa yang kalian dengar:
a. Pada siang hari?
b. Pada malam hari?
1. Mana yang lebih kalian sukai, siang atau malam hari?
Mengapa?
2. Amati gambar-gambar ini.
Tunjuklah gambar yang menunjukkan suara keras.
Tunjuklah gambar yang menunjukkan suara pelan.




Matematika

BAB/Tema : Ayo Membilang sampai dengan 10/Membandingkan
Materi Pembelajaran : Membandingkan Banyak Benda



Capaian Pembelajaran :
Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

Tujuan Pembelajaran :
Dengan berlatih, peserta didik dapat mengidentifikasi banyaknya benda dalam suatu kelompok dan menunjukkan lambang bilangannya dengan percaya diri

Alur Tujuan Pembelajaran :
Memahami perbedaan nilai dan urutan angka sampai 10
Memahami penguraian angka 5 - 10

Di minggu kemarin kita sudah belajar biangan 1 sampai 10, hari ini kita belajar tentang membandingkan, ada yang sudah tau membandingkan itu apa? Jika belum yukk kita belajar bersama.




 Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan soal dibawah ini yaa.....

PENUTUP 
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.                    
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini? 
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru

Kesimpulan Materi Ajar Bahasa Indonesia dan Matematika
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar. Kelas 1 A mempelajari Bahasa Indonesia tentang sebuah cerita pagi yang sibuk dan disertai dengan suara hewan seperti ayam, sapi, burung dll, peserta didik mempelajari bunyi2 hewan tersebut dan mencocokan bunyi & hewannya. Serta 1A mempelajari mata pelajaran matematika tentang membilang maju dan mundur dan membandingkan benda yang lebih banyak , alhamdulillah peseta didik dapat mengikutinya dengan sangat baik
Semoga ilmu yang ibu guru berikan dapat bermanfaaat untuk anak sholeh & sholeha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar