Senin, 19 Agustus 2024

Materi Ajar Bahasa Indonesia & Matematika (Selasa, 20 Agustus 2024)

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Hari/Tanggal : Selasa/20 Agustus 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema : Ayo Bermain

Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan menulis



Capaian Pembelajaran (CP) :

Menyimak


1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.

2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Membaca dan Memirsa

1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.

2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.

3. Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Berbicara dan Mempresentasikan

1. Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

2. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.

3. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan

Menulis

1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital.

2. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.

Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

Dengan menyimak dan menanggapi bacaan tentang tempat dan aturan bermain, peserta didik dapat mengenali tanda Tanya dan tanda seru dalam kalimat, serta membaca dan menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’



Tujuan Pembelajaran (TP) :

1. Melalui latihan menjawab pertanyaan terhadap teks “Hati-Hati!”yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi serta menceritakan Kembali simpulannya dengan tepat.

2. Melalui kegiatan menjawab pertanyaan guru tentang perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, peserta didik menyampaikan pendapatnya dengan relevan, jelas, dan sopan.






















Dengarkan guru membacakan pertanyaan-pertanyaan

berikut. Lalu, jawablah.

1. Ada di mana binatang-binatang itu?

2. Permainan apa saja yang kalian lihat pada gambar itu?

3. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain

dengan tidak aman?

Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan alasan kalian.








4. Mana gambar yang menunjukkan kegiatan bermain



dengan aman?Tunjukkan kepada guru, lalu jelaskan

alasan kalian.

5. Kegiatan bermain apa lagi yang tidak aman untuk anak-anak?



Mata Pelajaran : Matematika

Hari/Tanggal : Selasa/20 Agustus 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema : 2/Penjumlahan Sampai dengan 10

Materi Pembelajaran : Berbagai Cara Melakukan Penjumlahan

Capaian Pembelajaran :


Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar.


Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).




Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu menunjukkan konsep penjumlahan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau manipulatif lainnya.


Peserta didik mampu menuliskan operasi hitung untuk memecahkan masalah penjumlahan dengan benar.


Peserta didik mampu menggunakan berbagai strategi penjumlahan (menghitung maju, pasangan bilangan (number bond), penjumlahan ganda, penjumlahan yang hasilnya 10) dengan tepat.


Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait penjumlahan dengan satu langkah penyelesaian.










Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan tugas dibawah ini....



LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama :

Kelas :

Petunjuk!








PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri,



Wassalamu’aalaikumsalam wr.wb.

Kesimpulan Materi Ajar Bahasa Indonesia dan Matematika


Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar. Kelas 1 A mempelajari Bahasa Indonesia yaitu refleksi pembelajaran, membahas soal dan membahas materi bab 1 dan disertai dengan jurnal membaca, lalu kelas 1A mempelajari mata pelajaran matematika tentang menghitung maju dan mundur, alhamdulillah peseta didik dapat mengikutinya dengan sangat baik
Semoga ilmu yang ibu guru berikan dapat bermanfaaat untuk anak sholeh & sholeha.


Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar