Senin, 26 Agustus 2024

Materi Ajar (Selasa, 27 Agustus 2024)

Mata Pelajaran : Matematika
Hari/Tanggal : Selasa/27 Agustus 2024
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
Fase/Kelas : A/1
BAB/Tema : 2/Penjumlahan Sampai dengan 10
Materi Pembelajaran : Cerita Penjumlahan


Capaian Pembelajaran :
• Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar.
• Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).



Tujuan Pembelajaran :
• Peserta didik mampu menunjukkan konsep penjumlahan sampai dengan 10 dengan benda konkret, gambar, cerita, atau manipulatif lainnya.
• Peserta didik mampu menuliskan operasi hitung untuk memecahkan masalah penjumlahan dengan benar.
• Peserta didik mampu menggunakan berbagai strategi penjumlahan (menghitung maju, pasangan bilangan (number bond), penjumlahan ganda, penjumlahan yang hasilnya 10) dengan tepat.
• Peserta didik dapat menyelesaikan masalah terkait penjumlahan dengan satu langkah penyelesaian.



Assalamu'alaikum wr.wb

Tabik Pun.

Selamat Pagi anak shalih dan shalihah...

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholih dan sholihah?

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?

Sebelum memulai pembelajaran mari kita membaca doa terlebih dahulu:

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”





Apakah anak-anak sudah paham? Jika sudah yukk kita mengerjakan tugas dibawah ini....


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Nama :

Kelas :

Petunjuk!




Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Hari/Tanggal : Selasa/27 Agustus 2024

Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Fase/Kelas : A/1

BAB/Tema : Ayo Bermain

Materi Pembelajaran : Persiapan membaca, persiapan menulis



Capaian Pembelajaran (CP) :

Menyimak
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian.
2. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
2. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
3. Peserta didik mampu memaknai kosakata baruan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.



Berbicara dan Mempresentasikan

“Radhitu billahi Rabbaa, wa bil Islami diina, wa bi Muhammadin nabiyyaa wa rasula robbi zidnii 'ilmanwarzuqni fahma.”

MENIRUKAN DAN MELAKUKAN

Nyanyikan lagu di bawah ini.

Gantilah kata-kata ‘tepuk tangan’ dan ‘pegang hidung’dengan

kata-kata sendiri, ya.

Kalau kau suka hati, tepuk tangan

Kalau kau suka hati, tepuk tangan

Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan

Kalau kau suka hati, tepuk tangan

Kalau kau suka hati, pegang hidung

Kalau kau suka hati, pegang hidung

Kalau kau suka hati, ayo kita lakukan

Kalau kau suka hati, pegang hidung








BERBICARA

Setelah membaca kalimat di atas, jawablah pertanyaanpertanyaan

guru dengan jelas dan sopan.

1. Mana perbuatan yang tidak boleh dilakukan? Mengapa?

2. Mana perbuatan yang boleh dilakukan? Mengapa?



Ikuti guru membaca kalimat-kalimat di bawah ini.

Gunakan intonasi yang benar, ya.

1. Jangan!

2. Apakah kalian mau bermain denganku?

3. Hati-hati!

4. Apakah kamu terluka?

PENUTUP

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini? Apa yang telah kalian pelajari hari ini?

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.



Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran.Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu! Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri.

Wassalamu’alaikumsalam wr.wb


Kesimpulan Materi Ajar Bahasa Indonesia dan Matematika

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, aktif dan lancar. Kelas 1 A mempelajari Bahasa Indonesia tentang menirukan menyanyikan lagu kalau kau suka hati dan menjawab pertanyaan , kemudian kelas 1A mempelajari mata pelajaran matematika tentang cerita penjumlahan sampai 10, alhamdulillah peseta didik dapat mengikutinya dengan sangat baik
Semoga ilmu yang ibu guru berikan dapat bermanfaaat untuk anak sholeh & sholeha.

Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar